ARTIKEL BERITA

|

Jawa Timur Paling Siap Operasikan Telecenter

Secara infrastruktur, Jatim paling siap menjalankan telecenter. ”Jaringan telekomunikasi dan akses internet di Jatim telah tercover dan yang terpenting SDM Jawa Timur paling siap dibanding daerah lain” ungkap Kepala Badan Litbang SDM Kominfo Aizirman Djusan, M.Sc E.con dalam Seminar penelitian percepatan pemerataan informasi melalui pembangunan telecenter dan pemberdayaan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) yang berlangsung di hotel Sahid Surabaya.
Seminar ini menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Staf Ahli Menteri Depkominfo RI BIdang Media Massa, Drs Henry Subyakto SH MA, Kepala Sub Dinas Promosi dan Pemberdayaan Informasi Dinas Infokom Jatim Drs. Otto Bambang Wahyudi MSI, Direktur Pusat Pemerintah Teknologi dan Komunikasi Profesional Depkominfo RI, Dr Gati Gayatri M.A.

Aizirman berharap, Jawa Timur bisa menjadi pilot project bagi daerah yang ingin mengembangkan telecenter. “Kita akan kerjasama dengan Menpan agar dengan telecenter suatu instansi dapat memberikan pelayanan public yang baikkepada masyarakat” kata aizirman. Beliau mengungkapkan, ada tiga faktor utama telecenter yaitu : pertama, masalah infrastruktur dan jaringannya. Kedua, maslah aplikasinya dan yang ketiga maslah SDM.” Percuma infrastruktur dan aplikasi memadai bila tidak diikuti SDM yang kompeten. SDM yang kompeten adalah SDM yang mengerti bagaiman menempatykan IT dan apa yang dapat digunakan dengan IT dalam memberikan pelayanan publik” jelasnya.

Telecenter memiliki dua tipe, type A dan B. Jatim masuk dalam kriteria type A, karena telah memenuhi tiga faktor, sedangkan daerah yang tidak memnuhi tiga faktor masuk dalam type B. ”Namun tidak menutup kemungkinan, darah yang menyandang predikat B akan berubah menjadi type A,” kata Aizirman.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Depkominfo RI Bidang Media Massa, Drs. Henry Subyakto SH. MA lebih menyoroti masalah keberadaan KIM yang tersebar di Jatim.Hingga 2006 tercatat jumlah KIM di Jatim mencapai 1.353 KIM dengan anggota 20.890 orang yang tersebar diberbagai daerah.

Sumber:
http://www.depkominfo.go.id
http://www.egov-indonesia.org/index.php?name=News&file=article&sid=577

Posted by Bromo Telecenter on 11.03. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Jawa Timur Paling Siap Operasikan Telecenter"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added