ARTIKEL BERITA

|

Membuat ikan asin menjadi lebih renyah

Ikan asin dapat digoreng menjadi produk snack ikan crispy yang renyah. Yang penting diperhatikan untuk pembuatan itu adalah :

  1. ikan asin yang digunakan harus bermutu baik (bau dan penampakan normal, tekstur tidak basah).
  2. Kondisi penjemuran ikan harus dijaga.
  3. ikan asin harus di cuci bersih dulu sebelum digoreng.

Kerenyahan tergantung pada kadar air dari snack yang dihasilkan. Snack yang renyah biasanya memiliki kadar air kurang dari 4%.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pengorengan :

  1. Pengorengan harus menggnakan minyak panas dan dalam jumlah banyak (ikan terendam di dalam minyak )
  2. Jenis dan tebal/tipis ikan juga akan mempengaruhi waktu pengorengan.

Jadi untuk membuat ikan asin menjadi renyah/crispy tidak perlu penambahan bahan tambahan lain. Tetapi ada juga yang mengunakan tepung pati untuk memperbaiki kerenyahan snack ikan tersebut. Apa yang harus dilakukan bila menggunakan tepung pati ?

  • Ikan diguling-gulingkan ke tepung pati kering (misal tepung beras, maizena, tapioka, dll).
  • Setelah itu bersihkan ikan dari sisa-sisa tepung tersebut (agar tepung yang menempel tidak terlalu tebal).

Tepung akan membantu menyerap air, sehingga ikan akan menjadi lebih kering, dan amilosa (enzim) dari pati akan menghasilkan tekstur yang scrispy.

Dalam pembuatan ikan asin crispy ini tidak perlu mengunakan bahan pengawet, karena kadar air dari ikan asin tersebut sudah rendah. Dan biasanya yang menjadi masalah adalah ketengikan (antioksidan) biasanya sudah ada didalam minyak gorengnya.

Untuk memperlambat kerusakan karena oksidan minyak goreng, harus diperhatikan juga mutu dari minyak goreng yang dipakai. Jadi jangan mengunakan minyak goreng sampai rusak (warna hitam, terlihat lebih kental, cepat berasap). Karena minyak yang sudah seperti ini akan menghasilkan umur simpan snack pendek. Dan harus segera diganti minyak gorengnya.

Inilah tip & trik membuat ikan asin crispy ( yanto_jawa)

Posted by Bromo Telecenter on 08.28. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Membuat ikan asin menjadi lebih renyah"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added