ARTIKEL BERITA

|

Pemkab Probolinggo Dapat Bantuan Mobile Community Acces Point (M-CAP)

Akhir Tahun, Pemkab Dapat Bantuan Mobile Community Acces Point (M-CAP) Akses Informasi Keliling


Patut berbangga hati menjadi masyrakat Kabupaten Probolinggo, pasalnya Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu dari 32 Kabupaten/Kota se Indonesia yang mendapatkan bantuan Mobile Community Access Point (M-CAP) dari Departemen Komunikasi dan Informatika pusat. Rencananya akan diterima Pemkab akhir Desember ini.


M-CAP ini merupakan bantuan dari Menkominfo melalui Direktur Pemberdayaan Telematika Direktorat Jendral Aplikasi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika.
M-CAP adalah Mobil Warnet / Mobil informasi keliling jenis Isuzu Elf yang dilengkapi AC kendaraan, AC ruang computer, Genset, 6 Perangkat Computer, Wireless Access Point, 8 Port Switch, Auto Switch, Printer Pos, Multi Function Printer, LCD TV 38², DVD Player, UPS 1500 KVA Publik Annoucement System, Perangkat Wartel, Pesawat Telepon, dan Perangkat Faximile.

Dari M-CAP ini masyarakat bisa mengakses internet dengan fasilitas 6 komputer, masyarakat bisa menggunakan telepone dengan 2 fasilitas KBU dan bisa menggunakan 1 perangkat faximile
M-CAP ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengingat mobil warnet/mobil informasi keliling ini sangat diperlukan dalam melayani masyarakat umum, khususnya masyarakat Desa/Kelurahan di 24 Kecamatan Se- Kabupaten Probolinggo yang masih memerlukan Informasi seimbang dan informasi lainnya, khususnya berkenaan dengan pelayanan publik.

Dengan pemanfaatan fasilitas M-CAP ini diharapkan masyarakat Kabupaten Probolinggo dapat mengenal dan mengoperasikan internet guna meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi informasi sehingga kedepannya diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan IT sebagai sarana pemberdayaan ekonomi yaitu melalui internet masyarakat dapat mempromosikan potensi atau produk-produknya ke seluruh penjuru Dunia dengan memiliki website sendiri, yang pada akhirnya diharapkan terwujudnya masyarakat yang unggul dalam penerapan Informasi Teknologi.
Sebagai implemintasi dari pemberian bantuan itu, Pemberdayaan Telematika Direktorat Jendral Aplikasi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika telah melakukan pelatihan dan bimbingan teknis bagi teknisi dan penanggung jawab Mobile CAP, pada (10-12/12) di Twin Plaza Hotel Jakarta. Dari Kabupaten Probolinggo diwakili oleh Kabag Kominfo Tutug Edi Utomo dan 1 orang staffnya.
Dalam pelatihan itu 64 peserta dari 32 Kab./Kota mendapat bimbingan tentang pengoperasian, perawatan, dan troubleshoothing perangkat, metode pemberdayaan MCAP serta praktek operasional MCAP.
Bambang Soeprijanto, Direktur Pemberdayaan Telematika Direktorat Jendral Aplikasi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa M-CAP ini perlu diperkenalkan sejak dini kepada masyarakat umum. Pengenalan manfaat M-CAP ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pemerataan akses informasi berbasis internet bagi daerah-daerah yang belum tersedia infrastruktur teknologi.
Rencananya Mentri Komunikasi dan Informatika, Muhammad Nuh akan melaunching penggunaan M-CAP ini pada 21/12 mendatang. Kabupaten/kota yang beruntung mendapatkan bantuan akan menerima tidak lama setelah acara launching.(van)

Posted by Bromo Telecenter on 13.46. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Pemkab Probolinggo Dapat Bantuan Mobile Community Acces Point (M-CAP)"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added