ARTIKEL BERITA

|

Tentang Keamanan Jaringan Wi-FiJaringan Wi-Fi merupakan jaringan yang mudah di dapatkan. Untuk saat ini kita sudah dapat menikmati jaringan Wi-Fi dimana-mana hanya dengan modal sebuah laptop/notebook. Ditempat umum sudah banyak ditemukan area hotspot yang mana kita dapat langsung koneksi internet tanpa harus membayar.
Namun dibalik semua kenyaman itu, banyak juga bahaya yang harus kita waspadai ketika kita memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang tersebar di segala tempat itu. Para hacker sangatlah gembira ketika semakin menjamurnya hotspot area ini. Karena mereka bisa berkreasi dan banyak tantangan baru yang dapat mereka gunakan untuk mengamalkan ilmunya dan juga memperbarui ilmunya.
Kalau dulu hacker bekerja di warnet - warnet, sekarang para hacker bisa bekerja di segala temapt karena IP yang mereka gunakan juga bisa berupa juga. Apa yang anda harus waspadai ketika menggunakan jaringan hotspot yang terkoneksi secara umum????
Berdasarkan pengalaman yang saya hadapi, dan yang pernah saya lakukan di jaringan hotspot saya menemukan banyak keasyikan baru. Saya menemukan sebuah tools sederhana tetapi sangat berbahaya. Semua hacker pasti memiliki tools yang berbahaya dari punya saya. Pertama saya mendeteksi tentang adanya Access Point yang tersebar di sekitar saya. Ketika saya sudah menemukan AP, saya mencoba untuk masuk ke jaringan tersebut. Setelah mendapat hak akses dan disetujui saya lalu melihat siapa saja yang terkoneksi di jaringan hotspot ini.
Setelah saya menemukan beberapa IP yang masuk ke dalam satu jaringan dengan saya, barulah saya mengaktifkan salah satu tools yang saya sukai. Saya memulai kegiatan sniffing dengan tools tersebut. Wah..... saya nggak ngenet untuk membuka informasi tentang kuliah tapi saya lebih suka melihat hal yang dilakukan oleh orang yang terkoneksi ke dalam jaringan hotspot tersebut.
Ups... saya melihat beberapa orang membuka sebuah alamat account yang lumayan penting buat mereka. Seperti Friendster, eh bukan itu aja mail yahoo juga berhasil saya lihat lo... Wah wah.. memasukkan alamat email dan password nih... Saya telah mendapatkan username dan password seseorang.
Setelah saya coba ternyata masuk. Waduh saya bisa membaca email dan menggunakan email ini untuk apa aja. Account yang berhasil saya dapatkan username dan passwordnya saya coba, ternyata semua bisa saya buka dan tanpa adanya kendala yang berarti. Karena saya seperti pemilik account itu sendiri.
Dari sini saya mulai menyadari bahwa memandaatkan jaringan hotspot untuk umum tidak aman betul. Seseorang bisa mengetahui account rahasia saya dan menggunakan account pribadi saya untuk kegiatan yang aneh atau pun yang lain. Terus biar aman hotspotan kita mesti gimana donk..... ???
Cara Aman Menggunakan Jaringan Hotspot
Berikut ini beberapa tips yang saya rekomendasikan untuk memanfaatkan jaringan hotspot:
- Jagan share wireless anda atau data folder anda
- Jangan membuka web yang meminta ada memasukkan username&pasword pribadi anda
- Hati - hati dengan orang disekitar anda, liat apakah orang baik/bukan
- Gunakan hotspot untuk hal yang terbaik
- Pasang firewall di komputer/laptop/notebook anda
- Selalu update system operasi anda
- Lindungi dengan anti trojan yang anda punya
Demikian sedikit tips dari saya tentang mengunakan jaringan hotspot, terutama anda yang selalu mementingkan kesederhanaan dan hemat untuk berinternet. Semoga anda dapat menggunakan jaringan hotspot yang ada dimana mana dengan baik dan aman. Selalu berhati-hati saat anda memanfaatkan jaringan hotspot.
Memang tulisan ini susah dimengerti dan banyak kekurangan. Carilah materi lain tentang penggunaan wifi atau hotspot yang aman di paman GOOGLE agar anda nyaman ketika berinternet di hotspot area.
JANGAN SAMPAI ANDA LENGAH KARENA HAL YANG KECIL
Article by phy_chole
Thanks to:
Allah SWT
My Father and Mother
My Family
GOOGLE
Wikippedia Indonesia
www.indocommit.com
my girl friends
my boyfriends
yogyafree community
Group Arek Mazank (GAM>dan semua para pembaca yang membaca artikel saya makasih banyak ya.....
Dibuat oleh Yogyafree Regional Probolinggo pada Selasa, Desember 23, 2008

Posted by Bromo Telecenter on 12.33. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for " "

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added