ARTIKEL BERITA

|

Bisnis Sirup Lidah Buaya, Bisnis Tepat Menjelang Ramadhan


Lidah buaya memang tidak pernah mati akan pemanfaatannya sebagai produk olahan pangan, mulai dari teh lidah buaya, selai lidah buaya, sampai dawet lidah buaya. Nah bagaimana dengan sirup lidah buaya?
Lidah buaya merupakan tanaman yang biasanya hanya untuk hiasan kini bak primadona karena dilihat dari manfaat dan penggunaan tanaman ini yang luar biasa. Tanaman ini kini menjadi alah satu dari 10 jenis tanaman terlaris didunia yang telah dikembangkan oleh negara-negara maju seperti Amerika, Australia dan negara di benua Eropa.

Lidah buaya memang tanaman yang sarat akan manfaat mulai untuk kesehatan seperti bahan untuk obat-obatan, untuk kecantikan sebagai bahan kosmetik maupun untuk bahan pangan sebagai bahan pembuatan minuman ataupun jenis jajanan.


Gel lidah buaya tersusun oleh 96 persen air dan 4 persen padatan yang terdiri dari 75 komponen senyawa berkhasiat. Khasiat hebat yang dimiliki aloevera sangat terkait dengan 75 komponen tersebut secara sinergis. Kegunaan lidah buaya antara lain penyubur rambut, penyembuh luka (luka bakar/tersiram air panas), obat bisul, jerawat/noda hitam, pelembab alam, antiperadangan, antipenuaan, obat cacingan, susah kencing, susah buang air besar (sembelit), batuk, radang tenggorokan, hepatoprotektor (pelindung hati), imunomodulator (pembangkit sistem kekebalan), diabetes mellitus, menurunkan kolesterol dan penyakit jantung koroner.

Dengan tahu begitu banyak manfaat lidah buaya, tidak ada salahnya jika kita mau mengolahnya sendiri menjadi berbagai macam produk pangan. Apalagi sangat pas sekali karena untuk seluruh umat muslim akan datang bulan ramadhan dan ini bisa dijadikan peluang sebagai alternative usaha untuk berwiraswasta maupun untuk konsumsi sendiri pada bulan ramadhan. Selain itu, kini konsumen mulai lebih memperhatikan produk pangan dengan sarat manfaat pada makanan yang dikonsumsinya.

Salah satu olahan lidah buaya yang tepat adalah pengolahan menjadi sirup lidah buaya. kenapa? karena sesaat lagi akan menjelang bulan ramadhan, yang tepat untuk melakukan bisnis ini untuk meraih peluang ini dibulan ramadhan. Pembuatan sirup lidah buaya dapat dilakukan dengan alat sederhana yang ada di rumah tangga, berikut ini adalah prosesnya:

Bahan :

1. Lidah buaya
2. 1kg gula pasir
3. 500 ml air
4. pewarna makanan
5. benzoat.
6. Asam sitrat 1 gram


Cara Membuat :

1. Daun lidah buaya dibersihkan, dipotong-potong, dikupas, dan di rendam larutan
garam 10 persen selama 1 jam lalu dicuci dengan air mengalir sampai bersih
(keset).
2. Lalu diblancing selama 3 menit.
3. Bila sudah dingin gel Lidah Buaya diblender dan disaring sehingga diperoleh
cairan gel lidah buaya
4. Gula pasir, air dan Filtrat / cairan lidah buaya di panaskan sampai mendidih
5. Setelah diangkat dari api ditambahkan asam sitrat benzoat dan pewarna lalu
disaring.
6. Sirup Lidah Buaya disimpan dalam botol yang sudah disterilkan.

(Sumber gambar: http://hotelkini.com/site/images/stories/mffancyzoom/buaya.jpg)
copy right: http://www.bisnisukm.com

Posted by Bromo Telecenter on 18.38. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Bisnis Sirup Lidah Buaya, Bisnis Tepat Menjelang Ramadhan"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added