ARTIKEL BERITA

|

Rangkain peristiwa 17 agustus

1.Jalan Sehat Memperingati HUT RI ke 64

KRAKSAAN - Gerak jalan sehat sudah menjadi agenda rutin hampir disetiap peringatan hari besar sebagaimana HUT Kemerdekaan RI ke 64 tahun ini. Jum’at (14/8) Pemerintah Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan jalan sehat dengan start dan finish di alun-alun Kraksaan. Tepat pukul 06.30, Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si melepas peserta jalan sehat yang menempuh rute kurang lebih lima kilometer tersebut.



alan sehat kali ini nampak meriah sebab diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai unsur antara lain karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo, instansi vertikal, pelajar dan masyarakat umum dari Kraksaan dan sekitarnya.

Nampak di barisan terdepan Bupati Probolinggo Drs. Hasan Aminuddin M.Si, bersama jajaran Muspida, Wakil Bupati Salim Qurays, S.Ag, Sekretaris Daerah Kusnadi, para Asisten dan kepala satuan kerja serta camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Jalan sehat ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kebersamaan dalam mengisi kemerdekaan. Melalui jalan sehat ini saya mengajak masyarakat untuk bersatu dan bersama-sama membangun Kabupaten Probolinggo,” ujar Bupati Hasan.

Menurut Bupati Hasan kegiatan jalan sehat ini bertujuan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu untuk membudayakan masyarakat berolahraga. “Semoga kegiatan jalan sehat ini bermanfaat bagi kita dan seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Jalur yang ditempuh mulai dari alun-alun Kraksaan menuju ke arah timur kemudian belok ke utara lewat jalan Ir. H. Juanda. Di pertigaan kampung arab peserta belok ke arah barat melewati Gedung Islamic Center dan SMPN 2 Kraksaan kemudian belok keselatan ke arah Rutan Kelas II B Kraksaan dan kemudian menuju ke arah timur hingga sampai kembali di alun-alun Kraksaan. Setiba di garis finish, Bupati Hasan dan rombongan beristirahat dan beramah tamah sejenak di guest house untuk kemudian menuju panggung kehormatan yang telah disediakan.

Dalam kegiatan jalan sehat ini, panitia menyediakan beberapa macam hadiah, mulai dari TV, sepeda gunung, radio compo, kipas angin berdiri, kipas angin duduk, dispenser, radio tape, setrika dan lain sebagainya. Disela-sela pengundian para peserta dihibur oleh beberapa orang penyanyi dengan diiringi musik elektone.

Selain jalan sehat, pagi itu di alun-alun Kraksaan juga digelar beberapa lomba memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 64. Di bagian selatan alun-alun digelar lomba panjat pinang untuk pelajar dan umum, dan pertandingan bola volly untuk pelajar.

Pagi itu juga dilakukan pencanangan secara simbolis gerakan minum susu oleh Bupati Hasan yang dilanjutkan dengan pembagian susu sapi gratis kepada pelajar dan masyarakat umum. Untuk kegiatan ini, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Probolinggo menyediakan 600 cup susu pasteurisasi dari KUD Argopuro Krucil.

2.Karnaval Pembangunan Meriahkan Kota Kraksaan


Ruas jalan raya Kraksaan, Sabtu (15/8) nampak ramai dengan kerumunan massa yang menyemut di sepanjang jalan utama tersebut. Hari itu digelar karnaval pembangunan menyambut dan memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 64. Masyarakat Kraksaan dan sekitarnya nampak antusias menyaksikan berbagai atraksi yang disajikan peserta karnaval. Sejak pagi mereka telah memadati ruas jalan mulai dari Stadion Gelora Merdeka hingga alun-alun yang merupakan rute karnaval.

Bagi masyarakat kota Kraksaan, karnaval semacam ini sudah menjadi agenda tahunan menyambut HUT Kemerdekaan RI, namun untuk kali ini sedikit berbeda dan istimewa. Pasalnya karnaval tahun ini juga melibatkan satuan kerja dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang terbagi dalam 14 kelompok di tambah TNI, POLRI dan instansi vertikal serta perusahaan-perusahan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Karnaval dengan melibatkan satker dan kecamatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan setelah sekitar 15 tahun sempat terhenti. InsyaAllah tahun depan, kegiatan semacam ini akan kembali dilaksanakan dengan jumlah peserta lebih banyak dan persiapan yang lebih matang”, ujar Bupati Hasan.

Orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo ini berharap karnaval dapat memberikan hiburan bagi masyarakat Kraksaan dalam menyambut HUT Kemerdekaan. “Selain sebagai hiburan, juga sebagai sarana untuk menampilkan keberhasilan yang telah diraih dalam pembangunan mengisi kemerdekaan”, imbuh Bupati Hasan.

Sementara itu Camat Kraksaan Happy menjelaskan karnaval tersebut sudah menjadi agenda rutin Panitia PHBN Kecamatan Kraksaan tiap tahun. “Kali ini karnaval kecamatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun dijadikan satu dengan karnaval tingkat kabupaten yang sudah lama tidak dilaksanakan jadi lebih ramai”, jelas Happy.

Tak kurang 40 kelompok peserta karnaval menampilkan berbagai kreasi dan atraksi yang menghibur. Pada barisan terdepan, anggota TNI dari KODIM 0820 Probolinggo menampilkan dua kendaraan perang yang mereka miliki berupa Panser dengan beberapa personel bersenjata lengkap.

Sementara itu kelompok Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD menyajikan tema budaya dengan judul “Pesona Dewi Rengganis”, diikuti dibelakangnya mobil canggih M-CAP dari Bagian Kominfo. “Kami melibatkan 22 orang personel dari Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD yang menampilkan kisah legenda Dewi Rengganis”, ujar Tatok Krismarhento Kabag Protokol dan Rumah Tangga yang ditunjuk sebagai koordinator kelompok.

Selain diikuti satuan kerja dan kecamatan di lingkungan Pemkab Probolinggo, karnaval tersebut diikuti desa dan kelurahan serta sekolah dan instansi vertikal di Kecamatan Kraksaan. Tak ketinggalan beberapa kelompok drum band dan marching band ikut memeriahkan karnalval yang dimulai pukul 11.00 tersebut.

Seluruh peserta berusaha tampil maskimal dan memberikan penampilan terbaik mereka kepada masyarakat yang menyaksikannya siang itu, terlebih saat mereka melewati panggung kehormatan tempat Bupati Hasan dan undangan yang lain menyaksikan jalannya karnaval hingga usai.

Turut hadir menyaksikan pawai siang itu Komandan Kodim 0820 Letkol Arh. Budhi Rianto, Kepala Kejakasaan Negeri Kraksaan Syahpuan, Wakapolres Kompol Mudjito, anggota DPRD Musayyib Nahrawi, beberapa kepala satuan kerja dan camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Meskipun arus lalu lintas kendaraan yang melewati jalur yang dilalui peserta karnaval cukup padat, pada umumnya masyarakat Kota Kraksaan cukup puas dan terhibur dengan acara tersebut. “Pesertanya lumayan banyak dibanding tahun lalu. Kegiatan semacam ini perlu dilanjutkan tapi dengan dukungan pengaturan lalu lintas agar masyarakat tidak terganggu menikmati acara semacam ini”, tukas Yoyok warga Kelurahan Sidomukti

3.Renungan Suci untuk Kenang Jasa para Pahlawan



Sebagai bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan khususnya pejuang kemerdekaan sekaligus mengenang jasa-jasa mereka, Senin (17/8) tepat pukul 00.00 tengah malam digelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kabupaten Probolinggo.

Bertindak sebagai inspektur pada apel kehormatan dan renungan suci tersebut Komandan Kodim 0820 Letkol Arh. Budhi Rianto. Sedangkan komandan upacara adalah Kapt. Inf Budiono yang sehari-harinya menjabat sebagai Danramil Besuk. Satu peleteon anggota TNI dari Kodim 0820 Probolinggo dan satu peleton anggota Polres ikut ambil bagian dalam acara yang khidmat tersebut

Renungan suci kali ini dihadiri Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Kapolres AKBP AI Afriandi, Kepala Kejaksaan Negeri Kraksaan Syahpuan dan Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Subiyantoro. Selain itu hadir pula seluruh kepala satuan kerja dan camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Di barisan lain nampak berbaris rapi sejumlah pejabat di lingkungan Polres Probolinggo.

Renungan suci sudah menjadi agenda tahunan dan menjadi bagian dari peringatan HUT Republik Indonesia. “Renungan suci ini merupakan bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Sebagai generasi penerus kita wajib menghormati pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan bagi bangsa Indonesia”, ujar Bupati Hasan.

Pada saat puncak acara, ketika inspektur upacara membacakan teks apel kehormatan, lampu disekitar TMP dimatikan. Seketika suasana menjadi gelap, senyap dan khidmat. Apel kehormatan ditujukan kepada arwah para pahlawan khususnya 40 anggota TNI dan satu anggota Polri yang dimakamkan di TMP tersebut. Usai mengheningkan cipta, dilakukan penyalaan obor oleh petugas yang membuat suasana disekitar TMP cukup temaram.

Apel kehormatan dan renungan suci ditutup dengan salam penghormatan perpisahan dengan iringan korsik Pemkab Probolinggo dari empat sudut TMP. Setelah upacara selesai, Dandim selaku inspektur upacara dan Bupati Hasan beserta undangan lainnya langsung meninggalkan kompleks pemakaman

4.Kenang Jasa Pahlawan dengan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga



Untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, setiap malam 17 Agustus selalu dilaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di taman Makam Pahlawan (TMP). Dan keesokan harinya usai, upacara peringatan detik-detik Proklamasi dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga.

Pada peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke 64 tahun ini, kembali dilakukan ziarah nasional di TMP Kabupaten Probolinggo yang berlokasi Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan. Ziarah nasional ini merupakan salah satu kegiatan pokok dari rangkaian kegiatan memperingatai HUT RI. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ziarah nasional yang ditandai dengan tabur bunga ini berjalan dengan khidmat.

Kapolres Probolinggo AKBP AI Afriandi bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Komandan Upacara AKP Bambang Sutarno. Acara tersebut juga dihadiri Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si beserta Ny. Tantri Hasan Aminuddin, Wakil Bupati Salim Qurays, S.Ag beserta Ny. Fatimah Salim Qurays, Ketua DPRD Timbul Prihanjoko, Kepala Kejaksaan Negeri Kraksaan Syahpuan, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Subiyantoro, Kasdim 0820 Mayor Inf. Budi Utomo, Sekretaris Daerah Kusnadi, beberapa kepala satuan kerja dan camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Sebelum undangan hadir di lokasi, satu pleton personel Kodim 0820 dan satu pleton anggota Polres Probolinggo sudah siap di lapangan upacara yang terletak di tengah-tengah kompleks TMP.

Usai peletakkan karangan bunga oleh Kapolres AKBP AI Afriandi dilanjutkan dengan tabur bunga diatas makam para pahlawan oleh Bupati Hasan diikuti seluruh anggota Muspida dan undangan lainnya.

“Ziarah nasional dan tabur bunga ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus mengingatkan kita agar dapat mengambil suri tauladan dan melanjutkan perjuangan mereka dengan mengisi pembangunan”, ujar Bupati Hasan usai melakukan tabur bunga

5.102 Warga Binaan Mendapatkan Remisi



Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-64 membawa berkah bagi 102 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Pasalnya mereka akan mendapatkan remisi masa hukuman dari pemerintah. Dari jumlah tersebut, 20 warga binaan di antaranya bebas karena masa hukumannya habis. Pembebasan mereka langsung disambut suka cita oleh pihak keluarga yang telah menunggu di luar Rutan Kelas II B Kraksaan.

Hadir dalam pemberian remisi tersebut Wakil Bupati beserta Ny. Fatimah Salim Qurays, Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kraksaan Agus Irianto, Kepala Kejaksaan Negeri Kraksaan Syahpuan, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Subiyantoro, Kasdim 0820 Mayor Inf. Budi Utomo, Wakapolres Probolinggo Kompol Moedjito, Wakil Ketua DPRD H. Hasan Irsyad dan beberapa kepala satker di lingkungan Pemkab Probolinggo. Selain itu, pemberian remisi ini juga diikuti ratusan warga binaan Rutan Kelas II B Kraksaan.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kraksaan Agus Irianto dalam sambutannya mengatakan pengurangan masa pidana atau disebut juga dengan remisi adalah salah satu program pembinaan yang merupakan penghargaan atas kelakuan baik seorang narapidana selama menjalankan pidananya.

”Kelakuan baik tersebut sudah barang tentu disertai dengan rasa penyesalan serta pertaubatan atas perbuatan yang salah, tingkah laku yang salah, pergaulan yang salah dan tata krama atau aturan yang salah untuk menjadi manusia yang seutuhnya yaitu manusia yang bermasyarakat, bermartabat, taat, rajin sholat serta manusia yang selalu bertaubat,” ujar Agus Irianto.

Menurut Agus Irianto, Rutan Kelas II B Kraksaan mempunyai kapasitas 150 orang. Jumlah tahanan yang ada sebanyak 166 orang dan narapidana sebanyak 112 orang. Jumlah keseluruhan sebanyak 278 orang. Dari jumlah tersebut, 102 warga binaan tahun ini berhasil mendapatkan remisi secara bervariasi. Remisi tiga bulan diberikan kepada 29 orang, remisi dua bulan diberikan kepada 22 orang dan remisi satu bulan diberikan kepada 51 orang. Sementara yang langsung bebas setelah mendapat remisi sebanyak 20 orang.

”Selama di Rutan Kelas II B Kraksaan, para warga binaan menerima pembinaan kepribadian yang meliputi pembinaan sadar agama, sadar berbangsa dan bernegara, pembinaan kemampuan intelektual, pembinaan sadar hukum, dan pembinaan kemandirian. Diharapkan setelah keluar dari Rutan Kelas II B Kraksaan ini para warga binaan bisa menjadi lebih baik,” harap Agus Irianto.

Sesaat sebelum memberikan sambutan, Wakil Bupati Probolinggo Salim Qurays, S.Ag. dengan didampingi Kepala Rutan Kelas II B Kraksaan Agus Irianto secara simbolis memberikan remisi kepada dua orang warga binaan. ”Saya berharap kebebasan ini hendaknya mempunyai makna yang dalam bagi kehidupan masing-masing. Masa yang lalu hendaknya menjadi pengalaman yang sangat berharga dalam perjalanan hidup selanjutnya,” ujar Wabup Salim.

Menurut Wabup Salim, pemberian remisi rutin dilaksanakan setiap tahun pada HUT Kemerdekaan RI. Hal ini mengandung makna bahwa kemerdekaan hakekatnya merupakan hak asasi manusia. Meskipun demikian, didalam pelaksanaannya perlu diatur oleh Negara supaya tidak mengganggu hak orang lain. Sehingga tidak dapat bertindak sesuai dengan kehendak atau kemauan masing-masing.

”Saya sangat berharap, setelah keluar dari lembaga ini, saudara dapat bermasyarakat dan berperan dalam kehidupan yang positif sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jangan pernah berpikir bahwa suatu saat nanti akan datang lagi. Masyarakat hendaknya dapat menerima kehadiran saudara-saudara kita secara wajar dan menciptakan suasana yang saling percaya dan saling menghormati,” harap Wabup Salim


6.Peringatan Detik-Detik Proklamasi Berjalan Khidmat




Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-64 Republik Indonesia di Kabupaten Probolinggo ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih di alun-alun Kraksaan Senin (17/8) kemarin.

Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si bertindak sebagai inspektur upacara. Komandan upacara dipercayakan kepada AKP Edi Santoso yang sehari-harinya menjabat sebagai Kasatlantas Polres Probolinggo. Sedangkan perwira upacara Suparwiyono Kepala Bakesbangpol & Linmas Kabupaten Probolinggo.

Peringatan detik-detik Proklamasi ini diikuti seluruh pejabat Muspida, anggota DPRD, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), TNI, POLRI, karyawan/ karyawati di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta pelajar dan mahasiswa.

Tempat duduk undangan dibagi menjagi tiga yaitu paseban tengah diisi oleh Bupati Probolinggo beserta istri, Wakil Bupati beserta istri, Muspida Kabupaten Probolinggo beserta istri, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD serta anggota DPRD beserta istri, Sekda Kab.Probolinggo dan para asisten beserta istri, LVRI, Purnawirawan TNI/Polri.

Paseban barat diisi oleh Kepala Badan/Dinas/Kantor/Bagian, Instansi vertikal, dan pejabat eselon III. Sedangkan paseban timur diisi oleh para perwira POLRI beserta istri, Tokoh masyarakat/ulama, Rektor Universitas/Perguruan Tinggi, Ketua Parpol, Pimpinan BUMN/BUMD, pengusaha/rekanan di wilayah Kabupaten Probolinggo dan undangan yang lain..

Tepat pukul 10.00 bunyi sirine dan bedug masjid terdengar bersahutan memecah kesunyian sebagai tanda peringatan peristiwa bersejarah 64 tahun lalu. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Timbul Prihandjoko.

Sebagai acara puncak, dilakukan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 70 orang dengan formasi 17, 8, dan 45 sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun diproklamirkannya kemerdekaan Republik Indonesia.

Para petugas Paskibraka tersebut adalah hasil seleksi dari SMA/MA se Kabupaten Probolinggo. Bertugas sebagai pemegang bendera Nur Isnaini Fitriah dari SMAN 1 Gending, di sebelah kanan Dzaky Isyuniardi dari SMAN 1 Gending, sebelah kiri Gadang Wicaksono dari SMKN 1 Kraksaan.
Sedangkan komandan pasukan Devon Yudha Prawira dari SMAN 1 Gending. Tema Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 64 adalah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kedewasaan Kehidupan Berpolitik dan Berdemokrasi serta Kita Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia yang Bersatu, Aman, Adil, Demokratis dan Sejahtera”.
Usai melaksanakan upacara di alun-alun Kraksaan, Bupati Hasan dan segenap anggota Muspida serta undangan lainnya melanjutkan rangkaian kegiatan hari itu di Taman Makam Pahlawan untuk melakukan tabur bunga.

Sore harinya di tempat yang sama dilakukan upacara penurunan bendera merah putih dengan inspektur upacara Komandan Kodim 0820 Letkol Arh. Budhi Rianto dan komandan upacara Kapt. Inf. Kuzaini Danramil Kraksaan.

Upacara sore itu dihadiri Wakil Bupati Probolinggo Salim Qurays, S.Ag dan segenap jajaran Muspida, Sekretaris Daerah, para Asisten, dan kepala Satker serta camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Warga sekitar Kraksaanpun ikut memenuhi sisi luar alun-alun Kraksaan untuk ikut menyaksikan pelaksanaan penurunan bendera dan atraksi yang ditampilkan sebelumnya.

Sesaat sebelum upacara dimulai, undangan dan para peserta disuguhi penampilan drum band Akademi Band dari Maron pimpinan H. Jon Junaidi dengan 56 pemain. Mereka mengiringi kolone senapan yang ditampilkan oleh 33 prajurit Kodim 0820.

Sebelumnya, tampil paduan suara SMAN 1 Kraksaan yang dibawakan oleh 60 siswa/siswi dipimpin dirigen Kholifatul Jannah dengan pelatih Kismoyo Adi. Paduan suara tersebut membawakan lagu Hari Merdeka, Bangun Pemuda-Pemudi, Syukur dan Api Kemerdekaan

Posted by Bromo Telecenter on 03.20. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Rangkain peristiwa 17 agustus"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added