ARTIKEL BERITA

|

Cintai Minuman Indonesia `Wedang Uwuh`


Wedang uwuh merupakan minuman asli Yogyakarta terutama berasal dari daerah Imogiri, Bantul. Minuman ini merupakan campuran dari serutan kayu secang, jahe, daun pala, ranting cengkeh, cengkeh, daun cengkeh. Dalam bahasa jawa, wedang artinya `minuman` sedangkan uwuh artinya `sampah`. Jika dirangkaikan menjadi `minuman sampah`. Maksud minuman sampah adalah minuman yang terdiri dari campuran beberapa bahan. Wedang uwuh ini biasa dijual di dekat makam raja-raja di Imogiri, Bantul dan dijual dalam kemasan plastik.
Selama ini wedang uwuh dijual hanya dalam kemasan plastik yang direkatkan dengan lilin. Oleh karena itu masih banyak yang bisa dilakukan untuk menambah nilai jualnya seperti pembuatan wedang uwuh celup yang telah dibuat oleh salah satu mahasiswa di Yogyakarta. Wedang uwuh merupakan kuliner asli Indonesia yang harus dilestarikan.
Biasanya, minuman ini dihidangkan dalam keadaan hangat. Sebagai pengganti gula pasir, wedang uwuh menggunakan gula batu sebagai pemanis. Rasanya akan menjadi lebih nikmat. Sensasi rasa ketika minum wedang uwuh adalah pedas dan wangi dan berbagai sensasi dari bahan-bahan yang dicampurkan. Setelah di minum, badan akan menjadi hangat dan lebih segar.
Bahan-bahan terdapat dalam minuman ini ternyata kaya akan antioksidan dan memberikan efek `tenang` setelah meminumnya. Beberapa komponen dalam secang, cengkeh, pala, dan jahe diduga memiliki aktivitas antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa penangkal radikal bebas sehingga mampu menghambat penuaan atau kerusakan sel pada tubuh.

Radikal bebas adalah senyawa yang sangat reaktif yang berasal dari dalam tubuh sebagai hasil metabolisme dari lingkungan luar. Sumbernya seperti polusi dari kendaraan bermotor, industri, asap rokok, mesin foto copy, AC dan makanan yang tidak sehat.
Selain factor dari luar, radikal bebas bisa juga bersumber dari internal, seperti proses alami respirasi dan fungsi metabolisme yang buruk. Radikal bebas sendiri sebetulnya memiliki arti yang penting bagi kesehatan dan fungsi tubuh yang normal, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Bila jumlahnya berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker dan jantung koroner.
Wedang uwuh dapat dijadikan usaha yang cukup menjanjikan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Dengan segmentasi pasar yang jelas dan pemasaran yang efektif bisnis wedang uwuh dapat semakin berkembang.

Anda dapat membuat wedang uwuh dengan menyiapkan beberapa bahan seperti:
1. kayu secang, cengkeh pala, dan jahe.
2. Gula Batu
3. Air panas

Cara Pembuatan :
1. Masukkan bahan-bahan tersebut dalam air panas.
2. Aduk hingga menghasilkan warna merah.
3. Diamkan selama 3 menit.
4. Setelah 3 menit masukkan gula batu kedalam cangkir.
5. Wedang uwuh siap untuk dinikmati. Jika anda menginginkan wedang uwuh bebas ampas, Anda dapat menyaringnya terlebih dahulu.

(Sumber gambar : antariksaland.blogspot.com)
copy right: http://www.bisnisukm.com


Posted by Bromo Telecenter on 15.22. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Cintai Minuman Indonesia `Wedang Uwuh`"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added