ARTIKEL BERITA

|

Buah Mangga

Sukses mengelola buah mangga

Produk usaha kecil yang dilakoni Ibu Lilik (59) tergolong sukses dan mandiri, berawal dari hobi menanam tanaman disekitar rumahnya dan didorong keinginan untuk memperkerjakan masyarakat disekitar lingkungannya, Ibu Lilik memberanikan diri untuk memanfaatkan tanaman di pekarangannya.

Awalnya usaha yang dirintis sejak lima tahun lalu masih mengandalkan tenaga tradisional kini setelah sukses mengembangkan usahanya ibu Lilik sudah mempunyai peralatan modern bantuan dari Pemerintah kabupaten Probolinggo.
ide untuk membuat sirup mangga ini didasari karena banyak konsumen dari luar daerah bila berkunjung ke Probolinggo hanya membeli mangga dan anggur, tetapi bisa membeli oleh – oleh yang khas dengan buah mangga, untuk itu Ibu Lilik mengembangkan sirup mangga seperti sirup apel yang ada di batu.

Sirup mangga Ibu Lilik tergolong baru, karena di Probolinggo tidak ada pelaku usaha yang mengembangkan sirup ini ” maklum untuk memproduksi sirup mangga tidak setiap waktu tergantung musim mangga ” ujar Ibu Lilik
Sirup mangga yang diproduksi Ibu Lilik dikemas dalam botol plastik 600 ml dengan kombinasi warna khas kuning mangga , kemasan ini lebih menarik dan mudah dibawa.
Selain mengembangkan sirup mangga, ibu Lilik juga mengembangkan usaha manisan mangga, dodol mangga, selai mangga, rengginang dan kue kering.


Tidak puas mengembangkan aneka olahan mangga, Ibu Lilik juga mengembangkan potensi laut, yang dikemas dalam bentuk dendeng ikan.



Bagi Ibu Lilik mengembangkan usaha hasil produk dari probolinggo merupakan kebanggan tersendiri, betapa tidak dengan usahanya ini Ibu Lilik dikenal di seluruh kabupaten dan Kota Probolinggo, bahkan Pemerintah Daerah untuk melengkapi parsel lebaran dilengkapi produk dari Ibu Lilik





Posted by Bromo Telecenter on 00.30. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Buah Mangga"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added