ARTIKEL BERITA

|

AYAM – AYAM AJAIB PENGHASIL RUPIAH



Eko memiliki ayam – ayam ajaib. Betapa tidak ajaib, ayam-ayam jenis broiler milik Ny. Eko ini bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah.
Berawal dari hobi mancing di tambak sang suami, Anang Budiarto, Ny. Eko punya ide untuk mimiliki tambak sendiri. Di awal tahun 2006 dengan modal Rp 50 juta, di bawah naungan UD. Kharisma, dipilihlah tambak bandeng untuk memulai usahanya. Tambak yang terletak di Desa Gending Kecamatan Gending ini, didirikan di lahan seluas 3 hektare.

Ditengah jalan Ny. Eko merasa kesulitan mencari makanan bandeng berupa tahi ayam, yang menyebabkan pertumbuhan bandeng mulai bibit hingga masa panen terbilang lama yakni 8 bulan. Tentunya ini membuat perputaran modalpun lambat, akhirnya ia pun banting setir dengan menjadi peternak ayam broiler.

Tak kehilangan akal, agar dua keuntungan bisa diraihnya, Bu Anang begitu dia biasa disapa mendirikan kandang ayam diatas kolam bandeng. Sehingga selain memperoleh keuntungan dari penjualan ayam broiler, Bu Anang juga bisa memberikan

makanan bagi bandeng-bandeng-nya. Dengan kemudahan memperoleh pakan bandeng itu, Bu Anang bisa panen bandeng dalam waktu relatif singkat. Yakni 3 bulan (awal nya 8 Bulan ).





Untuk pemeliharaan ayam brolier, dikatakan tidak terlalu rumit. Dengan memberikan consentrat, jagung, vitamain plus vaksin, ayam broiler dapat dijual dalam jangka waktu 40 hari.

Kini dengan mempekerjakan 8 orang karyawan, usaha ayam broilernya mampu meningkatkan jumlah ayam broiler dari 2000 ekor, menjadi 7000 ekor. Ditanya tim cabe rawit tentang daerah pemasaran, lulusan SPG Lumajang ini mengungkapkan. Bahwa walaupun pemasaran ayam broilernya hanya di Probolinggo dan Malang, ia yang di awal usahanya hanya mampu memperoleh keutungan sebesar 3 juta / bulannya, kini bisa meraup keuntungan hingga 15 jt setiap bulannya.






Ke depan, selain serius menekuni usaha ayam broiler, ibu satu orang anak yang tinggal di Perum Sumber Taman Indah Problinggo ini, punya impian mengembangkan usaha bandengnya agar mempunyai nilai tambah. Caranya dengan mengolah bandeng menjadi bandeng asap dan bandeng presto. Kerena kedua bahan olahan tersebut lagi booming saat ini.




Posted by Bromo Telecenter on 14.40. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "AYAM – AYAM AJAIB PENGHASIL RUPIAH"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added