ARTIKEL BERITA

|

KENTANG SUMBER, SUMBER VITAMIN

Selain karbohidrat, kentang juga kaya vitamin C. Hanya dengan makan 200 gram kentang, kebutuhan vitamin C sehari terpenuhi.Kalium yang dikandungnya juga bisa mencegah hipertensi. Lebih dari itu, kentang dapat dibuat minuman yang berkhasiat untuk mengurangi gangguan saat haid.

Kentang merupakan lima kelompok besar makanan pokok dunia selain gandum, jagung, beras, dan terigu.

Bagian utama kentang yang menjadi bahan makanan adalah umbi, yang merupakan sumber karbohidrat, mengandung vitamin dan mineral cukup tinggi.

Tanaman kentang (Solanum tuberosum Linn.) berasal dari daerah subtropika, yaitu dataran tinggi Andes Amerika Utara. Daerah yang cocok untuk budi daya kentang adalah dataran tinggi atau pegunungan dengan ketinggian 1.000-1.300 meter di atas permukaan laut, curah hujan 1.500 mm per tahun, suhu rata-rata harian 18-21oC, serta kelembaban udara 80-90 persen.

Kentang yang berkualitas hanya bisa ditemui didaerah-daearh pegunungan, seperti di Probolinggo Kentang bisa didapat di Desa tempuran Kecamatan Sumber, di Kecamatan ini sebagai sentra industri kentang, hampir sebagian petani bercocok tanam kentang.
Produk Kentang sumber cukup diminati beberapa pengusaha kentang di indonesia bahkan produk kentang sumber sudah merambah se antero dunia ada juga yang diekspor ke Japan, Singapura dan Amerika

Menurut Ir. Agus setiawan salah satu pengusaha sayur mayur asal sumber mengatakan ”Kentang memiliki kadar air cukup tinggi, yaitu sekitar 80 persen. Itulah yang menyebabkan kentang segar

mudah rusak, sehingga harus disimpan dan ditangani dengan baik. Pengolahan kentang menjadi kerupuk, tepung, dan pati, merupakan upaya untuk memperpanjang daya guna umbi tersebut.”

Posted by Bromo Telecenter on 10.44. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "KENTANG SUMBER, SUMBER VITAMIN"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added