ARTIKEL BERITA

|

Perahu Fiber di Kabupaten Probolinggo


Usah Perahu Fiber UD Makmur Jaya dirintis sejak tahun 1997 sampai sekarang usaha satu-satunya di Kabupaten Probolinggo ini tetap bertahan bahkan pemasarannya sampai merambah luar Jawa
Mulanya hasil produksi perahu fiber pasarannya dikhususkan hanya di Kabupaten Probolinggo saja. Namun seiring berjalannya waktu UD Makmur Jaya terus membesar dan kian maju. Salah satu keberhasilannya adalah melakukan ekspansi pasar hingga ke Kalimantan, Sulawesi, dan Ambon.


Bukan hanya itu, saat ini, UD Makmur Jaya sudah bisa memproduksi perahu fiber berbagai model sesuai desain para pemesannya. "Harga perahu fiber yang modelnya dipesan khusus lebih mahal dibanding model standar. Jadi, pemborong yang memesan model khusus harus merogoh kocek yang lebih dalam," terang Mujab. Manajer UD makmur. Untuk model standar UD Makmur Jaya biasa mematok harga Rp 6-7 juta per unit. Sedangkan untuk model dengan desain khusus sesuai pesanan, harga ditentukan oleh tingkat kesulitan pembuatan dan jumlah unit yang dipesan. "Untuk model yang standar hargannya sekitar 6 sampai 7 juta. Kalau pesanan khusus rata-rata di atas Rp 10 juta. Tergantung harga bahan-bahan pembuatannya. Saat ini harga bahan pembuatan perahu sedang naik turun," beber Mujab.

Fluktuasi harga perahu fiber, menurut Mujab, sangat ditentukan oleh naik turunnya ongkos produksi. Krisis global yang menghantam ekonomi dunia akhir-akhir ini juga berdampak pada usaha produksi perahu fiber yang dikomandani Mujab dan kakaknya. "Kalau sudah begini, kami hanya bisa memberi pengertian kepada para pelanggan soal kenaikan harga yang terjadi," katanya.

Posted by Bromo Telecenter on 09.54. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Perahu Fiber di Kabupaten Probolinggo"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added