ARTIKEL BERITA

|

SONGKOK BAMBU


Kekayaan alam dan budaya yang begitu besar bila dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat mampu memberikan manfaat yang tak terhingga, terutama untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Bahkan tumbuhan yang semula dianggap tidak berguna dengan sentuhan seni tinggi mampu bernilai jual tinggi, bahkan mampu

mengangkat derajat seseorang yang semula hanya sebagai petani biasa hingga menjadi seorang pengusaha cukup sukses, dan mampu menopang kehidupan keluarga.
Sumarwi merupakan contoh pengusaha kerajinan sukses asal Desa Pesawahan Kec. Tiris, Kabupaten Probolinggo, selain mampu menjadi seorang pengusaha kerajinan yang cukup sukses ia juga mampu memotivasi masyarakat sekitar termasuk pembantu rumah tangganya untuk menjadi pengrajin, sekaligus pengusaha kerajinan yang sukses.

Selain membantu masyarakat sekitar untuk sama-sama memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk dijadikan kerajianan tangan yang enak dipandang mata, Sumarwi yang kini sukses membangun usaha kerajinan songkok bambu bernilai seni, juga menghimpun para pengrajin untuk bisa sama-sama memasarkan hasil produk yang telah mereka buat.

Sukses yang sekarang diperoleh Sumarwi bukan tanpa hambatan. Jatuh bangun usaha yang dirintisnya mulai dari bawah ini pernah mengalami kegagalan yang membuat kami sekeluarga harus hidup prihatin. Namun berkat kerja keras, disiplin dan prinsip tidak mudah menyerah akhirnya impian untuk dapat mendirikan usaha kerajinan bisa terwujud seperti sekarang ini.


Songkok yang dihasilkan dibagi berbagai jenis dan warna yang khas, songkok bambu Semarwi asli Tiris merupakan songkok lain dari yang lain, biasanya songkok identik dengan warna hitam, produk nya warna asli bambu coklat kekuning-kuningan.

Posted by Bromo Telecenter on 11.38. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "SONGKOK BAMBU"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added