ARTIKEL BERITA

|

Lebah madu

Manisnya Beternak Lebah Madu



Semanis produk yang dihasilkannya, usaha beternak lebah madu juga menjanjikan nilai ekonomi tinggi bagi peternaknya. Penuturan pengusaha ternak lebah, Djanto Pria 54 tahun asal Lumbang Probolinggo , sekali panen madu selama enam bulan musim produktif sebanyak 30-40 kg. Sementara jika kotak susun satu, madu yang dihasilkan hanya 10-15 kg. Jika memiliki 100 kotak super, berarti dalam satu musim produktif dia mampu menghasilkan 3 sampai 4 ton madu.

Harga madu bervariasi tergantung jenisnya. Di Probolinggo sendiri jenis yang banyak dibiakkan adalah Apis cerana dan Apis mellifera. Dengan harga pasaran madu asli per botol ukuran 900 ml Rp 50.000-Rp80.000, bisa dihitung berapa pendapatan. Belum lagi jika dicampur royal jelly dan pollenyang berkhasiat untuk obat, harganya bisa naik hingga dua kali lipat.


Investasi yang diperlukan untuk memulai bisnis yang satu ini juga bisa dimulai dari skala kecil. Masih menurut Djanto, satu kotak lebah madu yang berisi empat sisir (sarang) berharga Rp400.000. Satu kotak berisi satu ratu lebah dan 10.000 lebah pekerja. Dan akan masuk kategori produktif jika bersusun minimal dua kotak
Awalnya Djanto tidak tertarik dengan bisnis du ini, jika dilihat dari prospek kedepan saya lebih baik menekuni





bidang pertanian seperti tanam kapuk, padi dan beternak sapi, akan tetapi lambat laun usaha madunya banyak diminati, bahkan sampai ke Jakarta, tidak heran bila Djanto akhirnya mengandalkan madu sebagai penopang kehidupannya.

Ada beberapa jenis madu yang diramu Djanto ayah satu putra ini, seperti madu royal jelley, Honey Camp dan beefolent (tepung madu) dari berbagai jenis madu ada jenis madu yang paling diminati konsumennnya yaitu jenis ”randu” yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, dan nafsu makan.

Dari bernisnis madu ini Djanto mampu menyekolahkan putranya hingga menjadi dokter muda.

Bagi Djanto ia mempunyai prinsip bekerja untuk berkarya artinya dalam menciptakan pekerjaan ia mampu berkarya sehingga dapat mengangkat para pekerja disekitar lingkungannya.



Posted by Bromo Telecenter on 23.54. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Lebah madu"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added